Memahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan Asuransi TLO

Sebelum Anda memutuskan ikut asuransi mobil, terlebih dahulu harus dipahami bahwa secara garis besar, asuransi mobil terdiri atas asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil TLO. Kedua jenis-jenis asuransi tsb memiliki perbedaan yang sedianya harus Anda pahami, jika tidak ingin salah dalam memilih. Baik mobil baru maupun mobil bekas, bisa didaftarkan kedalam kedua jenis asuransi tsb. 

Di dalam hidup ini selalu penuh dengan ketidakpastian di masa depan, berbagai kemungkinan bisa terjadi, termasuk dengan mobil. Oleh sebab itu untuk berjaga-jaga bilamana hal buruk terjadi, cara terbaik adalah dengan mengantisipasinya mulai dari sekarang. Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk mencegah hal yang tidak dinginkan terjadi pada mobil kesayangan adalah dengan mengasuransikan mobil tsb. 

Asuransi dilakukan untuk menjaga agar ketika terjadi resiko ada yang menanggung semua resiko tersebut. Sudah menjadi tugas perusahaan asuransi untuk nantinya menanggung ketika resiko di masa depan terjadi dengan mobil Anda.

gambar resiko kecelakaan mobil

Pengertian asuransi mobil all risk dan asuransi TLO

Pengertian asuransi all risk adalah jaminan ganti rugi untuk biaya memperbaiki kerusakan-kerusakan mobil yang bersifat sebagian atau keseluruhan. Misalnya karena mobil menabrak sesuatu sehingga ada bagian-bagian yang lecet atau rusak, tertimpa benda-benda berat atau tajam, kecelakaan, kebakaran serta yang lainnya. Asuransi all risk juga menanggung biaya kehilangan terhadap mobil yang disebabkan oleh berbagai hal termasuk pencurian. Beberapa resiko kerugian mobil yang dijamin dalam asuransi All Risk misalnya karena : tabrakan, benturan, mobil terbalik, mobil dicuri, banjir, huru-hara, kecelakaan lalu lintas, dan kebakaran. 

Kemudian asuransi TLO (Total Lost Only) merupakan jenis asuransi yang menanggung kerusakan mobil, hanya jika biaya perbaikan diperkirakan sama atau melebihi 75% dari harga kendaraan sebelum terjadi kerusakan. Asuransi TLO juga menanggung kerugian apabila kendaraan hilang atau dicuri. Patokan angka 75% dari kerusakan mobil berarti meng-indikasikan bahwa mobil sudah tidak dapat digunakan lagi atau adanya unsur kehilangan total (total lost).

gambar perbedaan asuransi All risk dan TLO 2

Semua ketentuan dalam asuransi All Risk dan TLO tercantum dalam sebuah polis asuransi yang aturannya mengikat kedua belah pihak, baik pihak penanggung (perusahaan asuransi) maupun pihak tertanggung.

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi TLO

Asuransi All risk biasa disebut juga asuransi comprehensive karena memang sesuai dengan pertanggungannya yang komprehensif atau gabungan. Mengenai harganya, asuransi all risk dapat dikatakan lebih mahal karena memang perlindungan untuk konsumen lebih lengkap. Lain halnya dengan asuransi TLO yang cenderung lebih murah, karena memang asuransi ini hanya menanggung kerusakan dari mobil sekurang-kurangnya 75%. Jadi, ketika terjadi kerusakan kecil akan ditanggung oleh konsumen sendiri. 
gambar perbedaan asuransi All risk dan TLO
contoh perhitungan asuransi All Risk

Baik asuransi All Risk ataupun TLO, akan mensyaratkan Anda membayar tarif premi asuransi mobil. Besar nya tarif premi yang harus dibayar tiap tahunnya akan berbeda antara perusahaan asuransi yang satu dengan lainnya, namun biasanya untuk asuransi TLO berkisar pada angka 0,8 – 1,5 % dari harga mobil, sedangkan untuk macam asuransi All risk/ comprehensive, ratenya berkisar 2,5 – 3,5 %.

Lalu manakah yang harus dipilih? Asuransi All Risk ataukah Asuransi TLO?

Jika mobil yang Anda miliki sering terparkir di rumah, dalam artian dipakai jika dalam keadaan-keadaan tertentu atau jika memerlukan saja, maka akan lebih baik jika memilih asuransi TLO, karena Anda mempunyai kemungkinan minimal terhadap kerusakan-kerusakan mobil. Lain halnya jika Anda mempunyai usaha rental mobil otomatis mobil akan sering dipakai maka pilihlah asuransi all risk karena manfaat asuransi mobil all risk dapat menanggung biaya kerusakan bahkan yang kecil-kecil.
baca : perbedaan asuransi syariah dan konvensional
Pembaca sekalian, akan lebih baik jika Anda mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai premi dan klaim kedua asuransi ini agar lebih memantapkan pilihan Anda. Selain itu tanyakan apakah ada fasilitas mobil pengganti, sebab biasanya dalam masa mobil Anda diperbaiki, perusahaan asuransi juga menyediakan mobil pengganti selama 5 hari.

Saat ini ada begitu banyak perusahaan asuransi yang menyediakan produk asuransi mobil, tinggal Anda memilih mana perusahaan asuransi terbaik. Janganlah berpikiran bahwa mengasuransikan mobil tidaklah penting, karena kita tidak akan tahu apa yang akan terjadi di masa datang. Demikianlah perbedaan asuransi mobil all risk dan TLO dan semoga bermanfaat.