Asuransi Bumiputera - Asuransi khusus Pendidikan yang Populer di Masyarakat

Setiap orang tua pasti ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam urusan pendidikan. Tetapi, melihat realitas biaya pendidikan yang kadang tak terjangkau, membuat orang tua harus putar otak dan mencari jawaban dari pertanyaan bagaimana cara agar anaknya bisa sekolah setinggi-tingginya. Asuransi bisa menjadi jawaban dari masalah tersebut karena asuransi akan menjamin biaya pendidikan anak saat hendak melanjutkan pendidikan di jenjang yang lebih tinggi. Banyak sekali asuransi pendidikan yang tersedia di Indonesia, salah satunya asuransi Bumiputera.

Asuransi Bumiputera, atau yang biasa disebut Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera, didirikan tahun 1912, sebuah usia yang sangat lama tentunya (104 tahun). Berbeda dengan perusahaan asuransi lainnya, Asuransi Bumiputera merupakan satu-satunya perusahaan asuransi yang berbentuk usaha bersama, yaitu dengan ciri pemiliknya adalah 7 juta lebih orang yang memegang polis asuransi Bumiputera. Hal ini tentu amat berbeda dengan perusahaan asuransi lain yang notabene sudah berbentuk perseroan terbatas (PT).

Asuransi Bumiputera tidak hanya akan menjamin biaya pendidikan anak tapi juga resiko yang dihadapi jika orang tua meninggal ketika kontrak asuransi belum selesai, dan apabila saat kontrak selesai, orang tua anak masih hidup maka akan mendapat bonus. Juga ada kemudahan dalam pembayaran premi asuransi. Premi asuransi bisa dibayarkan tiap triwulan (3 bulan), tiap semester (6 bulan), atau tiap tahun.

Produk Asuransi Bumiputera

gambar asuransi bumiputera

Asuransi Bumiputera memberi penawaran menarik untuk buah hati Anda. Dalam masalah pendidikan pun, Bumiputera bisa menjadi salah satu andalan Anda. Bumiputera mempunyai dua program asuransi, yaitu Mitra Beasiswa Berencana dan Mitra Cerdas. Mitra Beasiswa Berencana adalah sebuah program asuransi dari Bumiputra yang memiliki tipe asuransi konvensional. Program ini menjamin biaya pendidikan anak mulai dark TK hingga universitas. Adapun nominalnya sudah diketahui di awal kontrak secara pasti.

Sedangkan Mitra Cerdas, adalah program berbasis investasi dengan tipe berjenis saving plan, dimana program ini juga menjamin seluruh biaya pendidikan anak Anda dari mulai SD hingga universitas. Namun, dalam Mitra Cerdas ini, jumlah nominal yang disetorkan akan selalu mengalami pengembangan selama kontrak asuransi. Dalam Mitra Cerdas ini, terdapat beberapa tipe pembayaran yang bisa Anda pilih, yaitu tiga bulan, enam bulan, tahunan, tunggal dan pembayaran sekaligus.

Dengan adanya dua pengkategorian tersebut, Anda tinggal memilih mana asuransi Bumiputera yang cocok untuk Anda. Pada dasarnya, pihak asuransi Bumiputera telah melakukan spesifikasi yang menarik tapi tetap saja Anda harus mempertimbangkan mana yang paling cocok dan baik untuk Anda ambil. Memang, sebuah asuransi pendidikan sangatlah penting jika terjadi hal-hal yang tidak diharapkan. Dengan asuransi Bumiputera ini, anak Anda akan tetap bisa meneruskan pendidikan setinggi mungkin kendati terjadi kolep dalam keluarga.
baca juga : asuransi Garda Oto

Kelebihan dan kekurangan Asuransi Bumiputera

Kita semua tahu bahwa perencanaan matang adalah hal penting sebagai bentuk antisipasi terhadap masa depan yang tidak menentu. Sebagai asuransi, kadangkala terdapat masyarakat yang komplain atau merasa tidak puas terhadap pelayanan, begitu pula yang dirasakan Bumiputra. Ia tidak lepas dari adanya komplain dan kekurangan. Namun, kekurangan dari Bumiputera tersebut rata-rata tidak terletak pada program yang disajikan, tapi terletak pada pelayanannya yang lama dan petugasnya yang kurang cakap menjelaskan program. 

Dalam masalah program, Bumiputera sudah bagus bahkan sudah berani bersaing dengan asuransi lainnya. Dengan demikian asuransi Bumiputera lebih banyak mengantongi nilai plus daripada nilai minusnya. Sebagai tambahan, bacalah berbagai prosedur dengan cermat sebelum memilih asuransi. Jika hendak memilih asuransi Bumiputera, baca dengan seksama prosedur dan cara kerjanya. Baca juga spesifikasi programnya, apakah Anda akan memilih Mitra Beasiswa Berencana atau Mitra Cerdas. Dua program ini adalah program unggulan dari Bumiputera yang hadir untuk membantu kebutuhan Anda.

Itulah tadi sedikit informasi dari kami tentang produk, dan kelebihan serta kekurangan asuransi Bumiputera, semoga dapat bermanfaat.

Salam,