Asuransi Jiwasraya – Produk, Kelebihan dan Kekurangan Perusahaan Asuransi BUMN Jiwasraya.

Setelah sebelumnya kami membahas kelebihan dan kekurangan asuransi Sinar Mas, Garda Oto, Bumiputera, dan Allianz, kali ini kami akan bahas kelebihan & kekurangan asuransi Jiwasraya. Asuransi Jiwasraya merupakan salah satu perusahaan asuransi keselamatan jiwa terkemuka di Indonesia. Asuransi ini telah berdiri sejak tahun 1859 dan merupakan asuransi milik pemerintah (BUMN). DI bawah naungan PT. Asuransi Jiwasraya (Persero), kini asuransi ini memiliki 17 kantor cabang yang tersebar di seluruh Indonesia. Sebagai asuransi tertua di Indonesia, pastinya Jiwasraya memiliki berbagai produk unggulan yang bisa menjadi Andalan bagi masyarakat Indonesia. Hal ini mengingat Jiwasraya selalu mengembangkan produk pelayanannya dengan menyesuaikan diri terhadap kebutuhan masyarakat.

Sejarah asuransi jiwasraya di Indonesia sangatlah panjang, dimulai sejak perusahaan yang awalnya milik Belanda tsb, dinasionalisasi oleh pemerintah Indonesia di tahun 1957. Saat ini perusahaan asuransi Jiwasraya dapat dengan mudah ditemukan di berbagai daerah di Indonesia, antara lain di Bali, Bengkulu, Gorontalo, Jambi, Jawa barat, Jakarta, kalimantan selatan, Riau, Lampung, Papua, Sulawesi Selatan, dll.

Namun sebelumnya, bagi Anda yang ingin mengasuransikan mobil dan belum mengetahui secara jelas perbedaan asuransi mobil all risk dan asuransi mobil TLO, Anda bisa baca artikel kami mengenai perbedaan asuransi mobil All Risk dan TLO.

gambar asuransi jiwasraya 2

Produk-Produk Asuransi Jiwasaraya

Dalam praktiknya, Jiwasraya membagi produk pelayanannya menjadi dua kategori, yaitu produk untuk individu dan produk untuk kumpulan. Produk kumpulan berisi Dana Fleksibel untuk pekerja perusahaan, Asuransi Siharta, Asuransi Keseh, dan Asuransi Kecelakaan Diri. Adapun untuk produk individu, Jiwasraya membaginya menjadi Produk Investasi dan Unit Link, Produk Pendidikan, Produk Proteksi, dan Produk Anuitas. Dengan pengkategorian ini, masyarakat bisa lebih spesifik dalam memilih asuransi. 

Disamping itu, dengan adanya kategori semacam ini, masyarakat pun akan semakin tahu disisi mana letak kelebihan bahkan kekurangan dari asuransi Jiwasraya. Banyak produk unggulan yang bisa dinikmati masyarakat dari Jiwasraya ini, seperti investasi, proteksi, anuitas dan pendidikan. Selain itu, ada program unggulan lainnya yang ditawarkan Jiwasraya, yaitu Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK). Program DPLK ini berupa produk Program Pensiun Iuran Pasti (PPIP). PPIP ini bisa dimanfaatkan baik perorangan hingga perusahaan. 

gambar asuransi jiwasraya

Kelebihan dan kekurangan Asuransi Jiwasraya

Tak hanya itu, dalam Jiwasraya juga tersedia program unggulan seperti jaminan di hari tua, anuitas dan tunjangan hari tua. Dalam perkembangannya, Jiwasraya juga membuat Asuransi Siharta, yaitu produk atau program yang berisi beragam santunan seperti santunan kecelakaan, cacat, dan rawat inap bagi nasabah. Dengan demikian, baik produk individu maupun kumpulan, Jiwasraya memiliki spesifikasi target pelayanan yang jelas. 

Kekurangan yang mungkin ada dari asuransi Jiwasraya ini antara lain terdapat nasabah yang komplain, hal tersebut bisa terjadi karena kesalah pahaman dalam memahami prosedur atau program dari Jiwasraya. Tapi bagaimanapun, Jiwasraya perlu menjelaskan berbagai produk unggulannya secara lebih rinci dan jelas lagi, untuk mengantisipasi adanya ketidakjelasan informasi sampai ke tangan nasabah.

Demikianlah info asuransi Jiwasraya yang dapat kami share, mudah-mudahan dapat bermanfaat.