Asuransi Jasa Raharja – Keunggulan & Kekurangannya

Asuransi jasa raharja merupakan salah satu perusahaan asuransi nasional yang sudah bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan perlindungan kecelakaan bagi setiap pengendara kendaraan bermotor di Indonesia. Sadar atau tidak sadar setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia sudah dilengkapi dengan asuransi ini. 

Tidak hanya itu, para penumpang kendaraan umum juga secara tidak langsung mendapatkan asuransi kecelakaan dari jasa raharja. Hal ini dikarenakan pemerintah sudah mengatur secara tersendiri mengenai jaminan kecelakaan ini. Setiap penumpang dan pengendara secara tidak langsung juga sudah membayarkan preminya pada saat membayar pajak.

Bagi Masyarakat Indonesia yang terdaftar sebagai peserta BPJS kesehatan, ketika mengalami kecelakaan lalu lintas tidak akan ditanggung oleh BPJS kesehatan tsb, tapi di tanggung oleh asuransi Jasa Raharja karena sudah menjadi tanggung jawab tersendiri dari asuransi Jasa Raharja. Lain halnya apabila biaya pengobatan tidak bisa di cover oleh Jasa Raharja sendiri maka kelebihan biaya yang tidak bisa ditanggung Jasa Raharja dapat diambil dari dana BPJS kesehatan.

Ada beberapa jenis santunan yang diberikan Jasa Raharja, yaitu ; penggantian biaya perawatan dan pengobatan, santunan kematian, dan santunan cacat permanen. Karena itu apabila ada masyarakat yang mengalami kecelakaan, baik kecelakan ringan ataupun berat, maka jangan sungkan untuk mengajukan klaim pembayaran asuransi jasa raharja. Caranya yaitu dengan mendatangi kantor Jasa Raharja terdekat lalu mengikuti prosedur yang ada.

gambar asuransi jasa raharja

Asuransi Jasa Raharja dibawah naungan PT. Jasa Raharja memang merupakan perusahaan BUMN yang sebagian besar modalnya milik negara. Dana santunan ke masyarakat dikumpulkan melalui Iuran Wajib dan juga dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ)). Iuran Wajib disetorkan operator angkutan umum kepada Jasa Raharja setiap bulannya sedangkan SWDKLLJ dibayarkan oleh pemilik kendaraan bermotor tiap kali mereka bayar pajak STNK.

Santunan maksimal yang bisa diklaim untuk korban kecelakaan luka-luka/ perawatan, baik di darat dan laut adalah Rp. 10.000.000 sedangkan untuk di udara maksimal 25 juta rupiah. Untuk korban meninggal dunia maksimal 25 juta rupiah apabila meninggal di darat/ laut, dan apabila meninggal di udara maksimal santunannya 50 juta rupiah. Lalu untuk korban cacat tetap, maksimal 25 juta rupiah untuk kecelakaan di darat/ laut, sedangkan untuk di udara maksimal 50 juta rupiah.

Kelebihan Asuransi Jasa Raharja

Sebagai perusahaan asuransi nasional terbesar di Indonesia, jasa raharja tentu saja mempunyai banyak kelebihan. Adapun kelebihan dari asuransi jasa raharja yaitu:

1. Premi yang dibayarkan cukup terjangkau
Kelebihan pertama dari asuransi jasa raharja adalah premi yang dibayarkan cukup terjangkau. Premi asuransi jasa raharja dibayarkan pada saat Anda membeli tiket kendaraan umum. Jadi, harga tiket yang Anda bayarkan sudah termasuk pembayaran premi asuransi. Untuk kendaraan pribadi, premi dibayarkan bersama pada saat membayar pajak asuransi kendaraan bermotor. Secara tidak langsung, Anda setiap tahun dan setiap menaiki kendaraan umum sudah membayarkan premi asuransi dari jasa raharja.

2. Jasa raharja memberikan jaminan sosial yang cukup besar
Kelebihan lainnya yang diberikan oleh asuransi jasa raharja adalah besarnya santunan atau jaminan sosial yang diberikan cukup besar. Dengan premi yang terjangkau, Anda akan tetap mendapatkan jaminan sosial yang besar. Jaminan sosial ini diberikan tidak hanya dilihat dari besarnya premi yang dibayarkan, namun juga diambilkan dari dana pajak negara.

3. Berpengalaman sejak puluhan tahun yang lalu
Dibandingkan dengan perusahaan asuransi kecelakaan lainnya, jasa raharja sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Hal inilah yang menjadikan nilai tambah bagi perusahaan asuransi nasional ini. Pengalamannya yang sudah puluhan tahun yang lalu menangani asuransi membuat masyarakat percaya dan yakin pada jasa asuransi yang satu ini. Kepercayaan masyarakat kepada jasa asuransi ini cukup besar sehingga membuat jasa asuransi jasa raharja semakin berkembang dengan memberikan pelayanan yang terbaik kepada seluruh masyarakat Indonesia.
baca juga : keunggulan & kekurangan asuransi Axa Mandiri

Kekurangan Asuransi Jasa Raharja

Pemberian jasa asuransi yang diberikan oleh jasa raharja ini tidak terlepas dari kekurangan yang membuat masyarakat cukup kecewa. Kekurangan dari jasa raharja antara lain syarat pemberian santunan yang cukup sulit. Untuk mendapatkan santunan, Anda harus memenuhi syarat tertentu terlebih dahulu. Syarat yang harus dipenuhi misalnya harus ada laporan polisi mengenai kejadian kecelakan lalu lintas tsb.

Demikianlah informasi keunggulan/ kelebihan asuransi Jasa Raharja beserta kekurangannya, semoga bermanfaat untuk Anda.